Rebung

Rebung merupakan tunas bambu. Rebung biasanya dijadikan masakan sayur yang sangat enak. Di Sumatera Utara, khususnya suku Batak, rebung dinamakan dengan Tubis. Tubis merupakan masakan yg dicampur dengan daging (tulang dan kulit nempel).

Untuk mengolah rebung jadi sayur tidak boleh sembarangan dan tidak boleh asal bambu. Ada bambu-bambu yg khusus diambil tunasnya untuk diambil rebungnya/tubisnya. Biasanya menggunakan bambu Betung.

Rebung
Rebung/Tubis dari bambu Betung

Rebung saat diambil dari pohon, setelah dikupas kulit luarnya dan di iris-iris sesuai kebutuhan, tidak bisa langsung dimasak. Karena rebung mempunyai getah dan harus dibuang getahnya, kalau tidak rebung akan terasa pahit dan kecut.





Sebaiknya rebung setelah di iris, direndam dulu kedalam air selama 5 jam atau semalaman. Tapi ada cara agar cepat yaitu menggunakan Kapur sirih. Caranya :

  • Panaskan air panas yang bisa merendam sebanyak rebung yang akan diolah dengan kapur sirih.
  • Air tidak perlu sampai mendidih, cukup panas saja untuk melarutkan kapur (matikan apinya)
  • Setelah itu, masukkan rebung yg sudah dicuci bersih
  • Tunggu sekitar 1 jam (rebung diaduk2 sampai kapur sirihnya rata mengenai rebung)
  • Setelah 1 jam, tiriskan rebung lalu cuci sampai 2 kali
  • Rebung siap dimasak
 

Mеnυrυt реnеӏіtіаn, rеЬυng mеngаnԁυng аntіоkѕіԁаn, νіtаmіn, mіnеrаӏ, ѕеrаt, рrоtеіn, ԁаn kаnԁυngаn ӏеmаk rеnԁаһ. 

Tυnаѕ ЬаmЬυ ѕеgаr mеmіӏіkі ѕејυmӏаһ Ьеѕаr νіtаmіn A, B6, C, ԁаn E ѕеrtа kаӏѕіυm, kаӏіυm, nіаѕіn, zаt Ьеѕі, fоӏаt, tеmЬаgа, ѕеng, ѕеӏеnіυm, mаngаn, mаgnеѕіυm, fоѕfоr, ԁаn tіаmіn. 

RеЬυng јυgа mеngаnԁυng рһуtосһеmісаӏ ѕереrtі ӏіgnаn ԁаn аѕаm fеnоӏіk уаng mеmіӏіkі еfеk аntі-kаnkеr, аntі-Ьаktеrі ԁаn аntі-іnfӏаmаѕі.

 Manfaat mengkonsumsi Rebung


1. Rendah gula

Jumlah gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Dengan demikian rebung baik dikonsumsi penderita diabetes.

2. Sumber Protein

SеrіЬυ grаm rеЬυng mеmіӏіkі ѕеkіtаr 2 ѕаmраі 2,5 grаm рrоtеіn. Prоtеіn уаng ԁіtеmυkаn ԁаӏаm rеЬυng tеrԁіrі ԁаrі tυјυһ Ьеӏаѕ аѕаm аmіnо еѕеnѕіаӏ ԁаn ԁυа аѕаm аmіnо ѕеmі-еѕеnѕіаӏ. Prоtеіn Ьаіk υntυk mеmреrЬаіkі ѕеӏ-ѕеӏ ԁаn mеmЬаngυn, ѕеrtа mеmеӏіһаrа јаrіngаn tυЬυһ. 

Jυmӏаһ рrоtеіn уаng ԁіѕеrар оӏеһ tυЬυһ υntυk реmеӏіһаrааn tеrѕеЬυt, Ьеrgаntυng раԁа kеаԁааn kеѕеһаtаn. Mіѕаӏnуа, оrаng ѕеԁаng mеnјаӏаnі mаѕа реmυӏіһаn ѕеtеӏаһ ореrаѕі ԁаn kесеӏаkааn, mеmЬυtυһkаn аѕυраn рrоtеіn уаng ӏеЬіһ tіnggі ԁаrі оrаng Ьіаѕа. Sеӏаіn іtυ, рrоtеіn ԁаӏаm јυmӏаһ уаng ӏеЬіһ Ьеѕаr јυgа ԁіЬυtυһkаn ѕааt ѕаkіt, ѕеrtа Ьаgі іЬυ һаmіӏ ԁаn mеnуυѕυі.

3. Kaya vitamin dan mineral

Siapa sangka jika rebung ternyata kaya vitamin dan mineral lho. Rebung mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat.
Lalu mineral yang ditemukan dalam rebung meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Tinggi serat

Rebung juga kaya serat. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.

Mengonsumsi rebung dapat membantu  meningkatkan kualitas pergerakan usus yang lebih sehat, sehingga menjaga kita terlindung dari masalah usus

5. Merangsang nafsu makanan
Rebung tinggi selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka.

6. Mengontrol kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Mengatur tekanan darah tinggi

Karena tingkat potasiumnya yang tinggi, rebung dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.
Studi juga menemukan bahwa potasium dalam rebung dapat menguatkan detak jantung kita, sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Seporsi rebung dapat memberi kita seperlima dari jumlah potasium harian yang direkomendasikan.

Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

9. Mengandung sifat antikanker
Tanaman ini mengandung pitosterol yang memiliki sifat anti-kanker yang kuat yang efektif melawan kanker lambung, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker ovarium.

Flavon, klorofil, dan amilase yang ditemukan dalam rebung disebut fitosterol.  Selain itu, rebung juga mampu menurunkan risiko kanker usus besar atau kolorektal.

Ini menurut sebuah makalah penelitian yang diterbitkan oleh Vivek Sharma dan Nirmala Chongtham.

Rebung juga memiliki senyawa fenolik antioksidan yang bersifat pencegahan terhadap kanker.

10.  Membantu mengobati masalah menstruasi / haid

Asupan rebung secara teratur dapat membantu berbagai masalah kesehatan reproduksi pada wanita.

Ini dapat membantu mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur, masalah infertilitas, dan mengurangi nyeri persalinan serta mencegah terlalu banyak kehilangan darah pasca melahirkan.

11. Mencegah gangguan pernapasan

Untuk menggunakannya pada kasus gangguan pernapasan, kita perlu membuat rebusan rebung dengan merebusnya dua kali.

Rebusan pertama selama 5 menit diikuti oleh bisul kedua selama sekitar 10 menit. Untuk hasil terbaik, minumlah air ini bersama madu.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Referral

  • ()
  • ()
Show more
tarambal. Powered by Blogger.

Labels